Pesta Adat Pasar Babi Peringati 89 Tahun Masuknya Agama Katolik di Mumanja Boven Digoel

PACEMPAPUA.COM,-  Memperingati 89  Tahun masuknya agama katolik di Mumanja Kabupaten  Boven Digoel digelar adat Pasar Babi (Atatbon) di Gereja Kristus Raja Ninati Kampung Ninati Distrik Ninati Kab. Boven Digoel. Pada Minggu (09/10/2022).

Acara pesta adat ini mengambil tema “Iman dan budaya bertumbuh bersama mewujudkan manusia sejati (katuk anam-anam).

Hadir dalam kegiatan ini  Bupati Boven Digoel Hengky Yaluwo, S.Sos, Ketua DPRD Kabupaten  Boven Digoel Athanasius Koknak, S.E , Komandan Kodim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, ST., M.I.P, Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Merauke Pastor John Kandam, MSC, Kapolsek Waropko, Pastor paroki Kristus Ninati Pastor Fabianus Tutuboy, dan Umat Kristen Khatolik Distrik Ninati dan tamu undangan.

Acara dimulai dengan tarian adat suku Muyu menyambut Bupati Boven Digoel beserta rombongan, kemudian dilanjutkan acara pesta babi yang diawali penyerahan babi secara simbolis kepada Bupati Hengky Yaluwo, S.Sos.

Mengawali sambutannya, Hengky Yaluwo, S.Sos mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ada di wilayah Ninati atas sambutan hangatnya dan telah menggagas kegiatan adat pesta babi atau pasar babi dalam rangka memperingati 89 Tahun masuknya agama katolik di Mumanja Kab. Boven Digoel.

“Harapannya kegiatan adat pesta babi ini dapat membangun silaturahmi khususnya antara umat Kristen Khatolik dan mari kita sama-sama menjaga budaya yang telah ada, jangan sampai hilang walaupun di era modern seperti sekarang ini, “kata Bupati.

Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama bekerja membangun wilayah perbatasan Boven Digoel.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1711/BVD Letkol Czi Agustinus Ressa Sala’pa, ST., M.I.P mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih warga dan umat Katolik yang mengundang pihaknya untuk mengikuti kegiatan tersebut.

“Ini merupakan bentuk kehormatan bagi saya pribadi karena dapat mengikuti kegiatan adat pesta babi atau pasar babi,” kata Dandim.

“Selaku Dandim saya berharap kepada warga masyarakat perbatasan khususnya Distrik Ninati untuk selalu bekerja sama membantu tugas TNI-Polri dalam rangka mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat serta ikut serta mendukung program-program Pemerintah Daerah Boven Digoel, “ujarnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *